Love Work Family Friends Games Kids Life

Membuka Usaha Agen Kantorpos Masih Kurang Menguntungkan

Posted by on 2014/07/19 under Uncategorized

Baru-baru ini ane mencoba peluang membuka usaha sebagai agen Kantorpos. Ane mencoba membuka Agenpos karena sebelumnya ane bekerja di Agen salah satu jasa ekspedisi. Karena ane tahu betul berapa keuntungan yang didapat di Agen salah satu jasa ekspedisi, ane tertarik membuka sendiri Agen. Ane mendengar dari teman bahwa Kantorpos membuka peluang menjadi Agen Kantorpos dengan persyaratan yang cukup menarik dan longgar, yakni tidak harus berbadan hukum (perorangan).
Namun ketika mencoba registrasi tampak tidak ada petunjuk dan arahan dari pegawai pos bagaimana keuntungan menjadi agen, dan berapa fee(keuntungan)nya? Ane hanya bermodalkan bismillah aja sekalipun agak ragu untuk membuka Agen Kantorpos karena blm dapat informasi pasti keuntungannya. Dalam benak ane berkata “sebagai calon pengusaha awam apa salahnya mencoba, apalagi kantorpos adalah salahsatu perusahaan yang terkemuka dan tertua, tentu banyak pengalaman usaha. masa kagak bisa memberikan keuntungan agennya. Kalau berani buka peluang keagenan pastinya sudah memperhitungkan keuntungan untuk kesejahteraan agennya dong,, agen kan bisa menjadi penyokong berkembangnya usaha”. Namun setelah menjadi agen dan mulai beroperasi, ane baru sadar kalo jadi agenpos itu cukup miris layanan dan keuntunganya.
Mungkin bagi pelanggan kantorpos gak akan terasa pengaruh apa-apa, bahkan menguntungkan karena menurut pendapat ane bahwa kantorpos benar-benar untuk pelayanan, hanya sedikit keuntungan. Tidak seperti perusahaan swasta yang mengambil keuntungan secara rasional.
Berikut perbandingan Agen Kantorpos dengan Agen lain

Registrasi
1. Agenpos bisa berbadan hukum atau tidak (perorangan), sedangkan Agen lain harus berbadan hukum. Inilah kelebihan membuka Agen Kantorpos.
2. Biaya registrasi Agenpos Rp. 150.000 untuk membuka main agen, sedangkan agen JNE (kalau gak salah) Rp. 6.000.000, tapi hanya sebagai uang jaminan.
3. Agen JNE detail dalam memberikan training, sedangkan Agenpos tidak.
4. Agen JNE dapat buku petunjuk/pedoman transaksi lengkap, Agenpos tidak.

Layanan Counter
1. Agenpos memakai sistim online, sedangkan Agen JNE bisa Online bisa Offline. Dengan sistim offline membuat biaya proses transaksi lebih efisien dan murah. Jika mati lampu Agenpos tidak dapat melakukan transaksi sedangkan Agen JNE bisa dilakukan secara manual.
2. Melihat ongkir (ongkos kirim), Agen pos harus masuk ke sistem dulu, sedangkan Agen yang lain ada buku atau data pedoman ongkir. Kalau ada pelanggan menanyakan ongkir ke suatu daerah luarkota diluar jam kerja, Agenpos sangat kesulitan meberi informasi.
3. Berat kiriman pada Kantorpos berdasarkan gram, sedangkan, Agen Tiki dan lainnya minmal 1kg. Ini membuat tarif ongkir Kantorpos cenderung lebih murah, tapi juga membuat keuntungan agen sedikit.
4. Keuntungan kiriman Kantorpos regional 20% dikurangi pajak 1%, sedangkan Agen JNE 22%, 15%, 10% (tergantung jenis servicenya) dikurangi pajak 1%. Namun banyak yang lebih percaya dan memilih ke JNE atau Tiki daripada ke Kantorpos. Mungkin manajemen JNE & Tiki lebih bagus daripada Kantorpos.
5. Biaya asuransi kantorpos lebih murah daripada JNE & Tiki.
6. JNE mempunyai layanan Paking Kayu terpusat dan terpercaya untuk kiriman yang sifatnya mudahh rusak dan tarifnya sudah ditentukan, sedangkan pada kantorpos cenderung diarahkan ke kantor wilayah, agen atau pengirim. Sedangkan ongkirnya di tentukan oleh pemaking.
7. Tracing kiriman Kantorpos susah sekali dilacak, sedangkan JNE dan TIKI mudah.
8. Kantorpos kurang transparan dalam masalah keuangan sedangkan JNE atau Tiki terdapat pemberitahuan laporan keuangan setiap bulannya, baik secara fikik maupun online. So, JNE & Tiki terkesan lebih berkelas.
9. Layanan JNE atau Tiki lebih fleksibel daripada kantorpos.
10. dll

Layanan Pospay
1. Pembelian Pulsa HP Elektrik (Voucher), Agenpos umumnya lebih mahal dari pada kounter-konter yang lain. Contoh harga pulsa indosat yang Rp. 10.000 pada konter lain 11.000-11.500, pada Kantorpos/Agenpos Rp. 12.000. Memang tidak selisih banyak, namun bisa membentuk pandangan pelanggan bahwa kantorpos itu mahal.
2. Keuntungan pembayaran PLN, TELKOM. Keuntungan Agenpos berkisar dibawah Rp. 700 (600 an), berapapun jumlah transaksinya, walaupun 1 juta tetep untungnya segitu. Bahkan pernah ane cek keuntungan pembayaran speedy Cuma Rp. 100 (rugi ane). Pihak Kantorpos cabang sudah berusha ane komplain, tidak ada kelanjutan apa-apa. Bandingkan dengan konter pembayaran lain yang keuntungannya antara Rp. 1.000 s/d Rp. 1500 (lebih lumayan kan?)
3. Layanan kantorpos lebih bervariasi dan (umumnya) murah dibandingkan dengan konter pembayaran lain. Yeah,, setiap perusahaan ada kelebihan dan kekurangannya. Tapi ane yang jadi agen merasa bahwa kelebihan Kantorpos tertutupi dengan kekurangannya.
4. Dll. (capek nulis)

9 thoughts on “Membuka Usaha Agen Kantorpos Masih Kurang Menguntungkan

  1. Ana says:

    Siapa bilang buka agen pos cuman rp. 150.000 ?? Saya buka agen pos lewat Bu Sri (Kantor Pos Tangerang deket Psr Lama), dikenakan Rp. 3.700.000.
    Memang bener kantor pos tidak detail dalam memberikan training. Saya sangat menyesal membuka agen pos. Belum lagi sistem penyerahan barang dan uang yang harus dimasukan ke dalam kantong plastik, yang membuat tingginya resiko kehilangan uang tsb.

  2. abi syifa says:

    Gan sy mau nanya ttg fee jasa transaksi pengiriman uang?
    Karena saat ini sy sangat berminat utk jdi agenpos.

  3. abi syifa says:

    Bolehkah agenpos mengambil biaya diluar biaya yg ditetapkn PT.Pos? Agar pendapatan lebih dibanding biaya operaaional dll.
    Mohon jawabnya agan-agan..

  4. penulis st diatas says:

    semua informasi bisa dtanyakan d kantorpos cabang(pusat) kabupaten.

  5. didin says:

    tadinya semangat sekarang jdi down nih

  6. heru budiono says:

    Wah klo bener sikonnya kayak begini ya gak jadi deh buka agen pos. Padahal tadinya dh semangat bgt mau buka agen pos sekarang jd males. Tolong dijawab pak pos

  7. aben says:

    kalo mao keuntungan transaksinya lebih gede perbanyak layanan penerimaan surat ato paket temen saya bisa omsetnya sebulan 200 juta berarti klo 20% laba kotornya 40 jutaan lumayan

    1. zimbo says:

      saya sudah hampir setahun menjalankan bisnis agenpos di daerah bali.menurut saya untuk omset sampe 200jt itu sulit gan,saya udh rekanan dengan 3instansi untuk pengiriman surat seluruh indonesia blm masuk omset segitu.mungkin maksudnya omset pospay yg artinya omset pembayaran seperti pdam,lustrik,kreditan dll karena omset untuk pembayaran diagen pos saya bisa mencapai 400jt.jujur saya bermodal paspasan sehari saya bisa deposit 2-3kali dan profitnya untuk pospay terbesar saya adalah 800rb bayangkan gan,emezing kan..alhamdulillah

  8. Nopri says:

    Semua yang di awali bismillah tidak akan mundur di tengah tengah.kalau masih mendengarkan perkataan berarti pendirian anda belum kuat.salam buat calon agen pos idonesia luruskan niatmu

Leave a Reply

Name and Mail are optional. Your email address is however required if you want to subscribe to the comments (see below)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

blah